Home » » Pengenalan Bahasa Pemrograman

Pengenalan Bahasa Pemrograman

Written By SMK TI Bali Global Karangasem on Jumat, 13 Maret 2015 | 19.32


Bahasa Pemrograman adalah serangkaian tugas yang diwujudkan dalam bentuk source code atau kode program yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu masalah yang mengarah menjadi sebuah program atau aplikasi komputer. Bahasa pemrograman juga dapat didefinisikan sebagai teknik komunikasi standar untuk mengirimkan atau mengekspresikan perintah dari seorang programmer kepada komputer. Bahasa pemrograman tidak jauh berbeda dengan bahasa manusia, yaitu memiliki aturan-aturan tertentu dan tata tulis. Bahasa pemrograman diklasifikasikan kedalam Bahasa Tingkat Rendah, Bahasa Tingkat Menengah, Bahasa Tingkat Tinggi. Dapat kita lihat jika bahasa pemrograman hadir di tengah-tengah manusia mulai dari rendah, menengah, dan tinggi, itu terjadi karena ada pergeseran perubahan bahasa program dari pertama kali ditemukannya bahasa program sampai sekarang yang semakin berkembang mendekati bahasa manusia dan lebih mudah dimengerti oleh manusia.

A.  Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah adalah bahasa program generasi pertama, kategori ini masih sangat sulit dimengerti oleh manusia. Karena masih jauh berbeda dengan bahasa manusia, dimana dalam bahasa ini urutan instruksinya masih menggunakan bahasa mesin atau assembly. Assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Setiap urutan instruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.

B.  Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
Bahasa pada kategori ini mulai memudahkan manusia untuk memahami bahasa program. Karena penggunaan perintahnya sudah mendekati bahasa sehari-hari yang dipakai manusia, tetapi masih sulit untuk dipelajari oleh para pemula karena masih banyak menggunakan singkatan-singkatan dalam penulisannya. Contoh MOV artinya pindah yang berasal dari kata (MOVE). Bahasa pada Fortran masih menggunakan bahasa ini.

C.   Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Disebut bahasa tingkat tinggi karena pada kategori ini bahasa program yang mulanya sulit dimengerti oleh manusia , pada bahasa tingkat tinggi ini diperbaharui menjadi bahasa yang pengaplikasiaannya lebih mendekati bahasa manusia sehari-hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada bahasa mesin dengan menggunakan compiler.

Contoh bahasa program yang tergolong bahasa tingkat tinggi : C++, Java, VB.Net.
           
Bahasa pemrograman pada komputer terdiri dari 2 jenis bahasa program.yaitu Bahasa Prosedural  dan Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek atau disebut OOP(Object Oriented Progamming).

A.   Bahasa Prosedural
Bahasa Prosedural adalah menyelesaikan program atau menulis suatu code program dengan urutan-urutan atau instruksi perintah(Step by Step). Tidak dibenarkan melompat dari satu perintah sebelum menyelesaikan perintah sebelumnya. Bahasa prosedural ini dituntut kepada seorang programmer bagaimana untuk memecahkkan suatu masalah menjadi bagian-bagian masalah yang lebih sederhana. Fungsi dan Prosedur menjadi fokus utama dalam penyelesaian menggunakan bahasa prosedural, dimana fungsi dan prosedur digunakan sebagai manipulasi data yang bersifat pasif.

B.   OOP (Object Oriented Programming)
Cara pandang Pemrograman Berorientasi Objek(OOP) adalah serangkaian tugas tidak diselesaikan dalam bentuk prosedur, melainkan serangkaian objek bekerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah. Fungsi dan data bukanlah menjadi dua hal yang terpisah melainkan fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai objek aktif.

Sebuah CPU komputer, dalam hal ini prosesor memiliki sejumlah perintah terbatas dan dikenal dengan nama kode mesin. Kode ini adalah bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan data dalam komputer. CPU dalam komputer hanya mengenal bahasa ini, tidak dengan bahasa lainnya. Semua bahasa pemrograman harus diubah menjadi kode mesin terlebih dahulu supaya CPU dapat mengolah dan menjalankan perintah yang diberikan oleh program yang dibuat.
Berbeda dengan C++ yang memperbolehkan tidak menggunakan class, di C#setiap anda membuat suatu program minimal anda harus mendeklarasikan minimal satu class, hal tersebut serupa dengan yang ada pada java, oleh karena itu C# merupakan murni object oriented programing (OOP).
Contoh Program yang menampilkan halo dunia ke konsol sebagai berikut :
pada C++ :
#include
using namespace std;
int main(){
coun << "halo dunia"<< endl;
}
pada C# :
using system;
class haloDunia;{
public static main (){
console.writeline("halo dunia");
}
}
pada java :
public class halodunia{
/**
* @param args
*/
public static void main (string [] args){
system .out.printin("halo dunia");
}
}
perhatikan pada contoh kode program di atas, terdapat perbedaan antara C#, C++ dan Java. tetapi penulisan atara C#, C++, dan Java bisa dikatakan sama, salah satunya pada setiap stetement harus d akhiri dengan karakter `;'(semicolon/titik koma), keyword – keyword yang ada di C# juga ada pada C++misal public, static, class, dan masi banyak lagi keyword-keyword C# yang terdapat pada C++. Lho kalo pinternya gimana?kalo d java kan tidak ada , kalo d C# ada tidak? variabel pointer di C#tetap ada tapi dengan penggunaan yang d batasi dan dalam skop unmanage. sebagai gantinya, d C# ada yangnamanya ref (reference). Fungsinya hampir sama (atau menggantikan) pointer.

Sumber:
http://djokosuprayetno.blogspot.jp/2013/04/pengenalan-bahasa-pemrograman-komputer.html
https://sangwidy.wordpress.com/web-design/oop-1/pengenalan-bahasa-pemograman/
Share this article :

Posting Komentar

 
Pengembang : I Made Ngurah Aditya Kusuma
Copyright © 2015 - SMK TI Bali Global Karangasem
Lomba FASTTEKNO 2015
Didelenggarakan oleh STIKOM Bali